1001+ Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah -Format Paling Lengkap

Contoh Surat - Halo selamat malam semua! Bagaimana kabar kalian? Terima kasih sudah kembali bersama kami di blog Contoh Surat. Pada kesempatan kali ini pembahasannya tidak jauh berbeda dari pembahasan contoh surat berikutnya. Kali ini kami akan membahas tentang Surat Kuasa Khusus Yang Sah.

Surat Kuasa adalah merupakan sebuah surat yang menyatakan pemberian wewenang untuk melakukan sebuah kegiatan dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa yang keduanya menyertakan bukti sah dengan pernyataan disertai dengan materai atau tanda tangan sebagai bukti. Surat kuasa juga merupakan surat yang bertujuan untuk memberikan kuasa atau pelimpahan wewenang terhadap seseorang yang dapat dipercaya agar yang bersangkutan dapat bertindak mewakili orang yang memberi kuasa untuk keperluan tertentu karena orang yang memberi kuasa tidak dapat melaksanakan sendiri. Surat kuasa ini memiliki fungsi sebagai bukti bahwa orang yang namanya tercantum didalam surat berhak atau berkewajiban untuk melakukan sesuai dengan isi surat kuasa.

Surat kuasa memiliki kedudukan yang kuat dimata hukum sehingga hampir diakui oleh birokrasi apapun. Agar surat kuasa lebih kuat dimata hukum maka hendaknya dalam pembuatan surat kuasa harus dibubuhi materai 6000 yang peletakannya yakni di tempat tanda tangan oleh si pemberi kuasa. Yang perlu diperhatikan adalah saat pemberi kuasa menuliskan tanda tangannya atau cap jempol harus dikenakan di atas materai tersebut. Surat kuasa juga merupakan bentuk perwakilan dimana si penerima kuasa mewakili yang menguasakan atasnya. Jadi yang menerima kuasa berhak untuk melakukan apa saja sesuai dengan yang tertera di surat kuasa tersebut.

Jenis - jenis Surat Kuasa


Adapun jenis – jenis surat kuasa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. surat kuasa formal yang biasanya menggunakan materai Rp. 6.000 dan dilengkapi dengan identitas dan nama jelas pemberi kuasa, penerima kuasa serta saksi – saksi untuk memperkuat surat kuasa tersebut. Surat kuasa formal digunakan untuk hal – hal yang bernilai tinggi misalnya surat kuasa atas tanah, surat kuasa atas usaha, dan lain sebagainya.
  2. surat kuasa non formal merupakan surat kuasa yang tidak perlu mengunakan materai, cukup identitas dan nama jelas pemberi kuasa dan penerima kuasa. Surat kuasa non formal biasanya digunakan untuk mengurus perpanjangan STNK, mengambil uang pensiun, pengambilan barang, kepengurusan pajak, dan lain sebagainya.


Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah


Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah - Dari definisi diatas Anda dapat menyimpulkan sendiri mengapa surat kuasa dibutuhkan. Namun untuk lebih jelasnya seperti apa bentuk dan format penulisannya, berikut kami berikan contoh - contoh surat kuasa khusus yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah


SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : Alexander Suwiryo
Nomor Identitas              : 2889800001200
Pekerjaan                           : Wiraswasta
Alamat                                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung
No. Telp/HP                      : 086912721721

Dengan ini menerangkan bahwa karena kesibukan yang tidak dapat dihindari, maka dengan ini memberi kuasa penuh kepada :

Nama                                    : Mario Ikhsan
Nomor Identitas              : 311114580492230
Pekerjaan                           : Pegawai Swasta
Alamat                                 : Jl. Teratai Merah Jambu No.29 Bandung
No. Telp/HP                      : 086999961700

KHUSUS
  • Mewakili dan bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk menjual sebidang tanah dengan luas 1000 m2  yang  terletak di Jalan Senang Semangat Raya No. 20 – 22 Kota Bandung sesuai sertifikat terlampir dengan harga dan syarat-syarat yang ditetapkan sendiri oleh penerima kuasa.
  • Menerima segala dokumen yang berharga seperti, kuitansi dan pembayaran untuk jual beli tnah tersebut dan bukti atas kepemilikan atas nama Alexander Suwiryo.
  • Membela kepentingan Pemberi Kuasa.
Segala hal yang ditimbulkan dari pelimpahan kuasa ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya. Demikianlah surat kuasa ini saya buat dengan sebenar – benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.



Bandung, 14 September 2016


Penerima Kuasa                                                                                                   Pemberi Kuasa


Mario Ikhsan                                                                                                  Alexander Suwiryo

Surat kuasa khusus adalah pemberian kuasa yang dilakukan hanya untuk satu kepentingan tertentu atau lebih. Dalam surat kuasa khusus, di dalamnya dijelaskan tindakan - tindakan apa saja yang boleh dilakukan oleh penerima kuasa. Jadi, karena ada tindakan-tindakan yang dirinci dalam surat kuasa tersebut, maka surat kuasa tersebut menjadi surat kuasa khusus.



Lihat Juga artikel terkait :

- Contoh Surat Kuasa Khusus Pengambilan BPKB
- Contoh Surat Lamaran Kerja Asisten Apoteker
- Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah II


SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                    : Alexander Suwiryo
Nomor KTP                        : 2889800001200
Alamat                                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung
Pekerjaan                            : Karyawan Swasta

Selanjutnya disebut dengan Pemberi Kuasa
Memberikan kuasa penuh kepada :

Nama                                    : Maria Restiani
Nomor KTP                         : 2889800001200
Alamat                                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung
Pekerjaan                            : Wiraswasta

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

—– KHUSUS —–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil Sertifikat Rumah dengan alamat Jalan Raya Anggrek Melati Raya Km. 38,5 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Merah Jambu Kabupaten Bandung dengan luas bangunan 750 m2 (Tujuh Ratus Lima Puluh meter persegi) dan luas tanah 1000 m2 (seribu meter persegi) yang telah lunas pembayarannya.

Untuk keperluan tersebut yang diberi kuasa berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang dan notaris atau PPAT menanda tangani Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat – surat lainnya yang berkenaan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayarannya dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


Bandung, 14 September 2016

Yang menerima kuasa                                                                                  Yang memberi kuasa


Maria Restiani                                                                                                  Alexander Suwiryo

Pemberian kuasa khusus ini dapat diberikan dan diterima dengan suatu akta umum, dengan surat di bawah tangan bahkan dengan sepucuk surat ataupun dengan lisan. Penerimaan suatu kuasa dapat pula terjadi secara diam-diam dan disimpulkan dari pelaksanaan kuasa itu oleh yang diberi kuasa.

Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah III


SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini, nama Aninda Putri Hanny,  pekerjaan Pegawai Swasta bertempat tinggal di Jalan Limau Asam 5 Gg. Manis No. 40B Kelurahan Arah Timur kecamatan Melodi Indah Kota Bandung, dengan ini memberi kuasa kepada nama Endro Fikri Amiruddin, S.H  pekerjaan Advokat berkantor di  EFA AND PARTNERS ASSOSIATION LAW  beralamat di Jalan Raya Dukuh Manis 5 No. 1 – 3, Bandung 35441.

KHUSUS

Untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT dalam perkara perdata Perbuatan Melawan Hukum melawan PT. Sukma Gemilang Abadi yang diwakili oleh Wawan Hamdhan, perusahaan yang bergerak di bidang industry properti, yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta dan berkantor cabang di Bandung di  Jalan  Merica Putih 3 No. 5 RT.10/RW.03 kelurahan Guwari kecamatan Dukuh Asih, Kota Semarang sebagai TERGUGAT.
  • Untuk itu menerima kuasa membela hak-hak dan mengurus kepentingan-kepentingan pemberi kuasa, melakukan dan menerima segala pembayaran, membuat, dan menerima kuitansi pembayaran
  • Penerima kuasa boleh bertindak dalam hal hukum terhadap setiap orang dan dalam segala persoalan yang berhubungan dengan perkara ini, memiliki tempat kediaman hukum (domicilie), menghadap hakim dan pembesar instansi pemerintah
  • Penerima kuasa boleh berperkara ke muka Pengadilan Negeri mengajukan gugatan, memberikan jawaban, mengajukan dan menolak saksi-saksi, menerima dan menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan Pengadilan negeri, memohon supaya keputusan Pengadilan Negeri dijalankan
  • Penerima kuasa boleh membuat dan menandatangani surat dan melakukan segala apa yang perlu dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa, asal tidak dilarang atau bertentangan atau melanggar undang-undang dan bila perlu penerima kuasa dapat memindahtangankan kekuasaannya itu sebagian atau sepenuhnya kepada orang lain (hal substitusi) dengan hak untuk menarik kembali pemindahan kuasa yang telah diberikan itu
  • Penerima kuasa boleh melakukan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama sampai dengan tingkat kasasi.

Bandung, 14 September 2016


Penerima Kuasa                                                                                              Pemberi Kuasa


Endro Fikri Amiruddin                                                                               Aninda Putri Hanny

Demikianlah rangkuman mengenai contoh surat kuasa khusus yang sssah dari blog Contoh Surat kami. Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah berkunjung d blog kami, sampai jumpa di pertemuan berikutnya. Semoga hari Anda menyenangkan !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1001+ Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Sah -Format Paling Lengkap"

Post a Comment